15 Sekolah Musik Terbaik Dunia

15 Sekolah Musik Terbaik Dunia -- Pendidikan memang sesuatu yang cukup penting bagi sebagian orang di dunia. Tak heran bila beberapa dari mereka rela merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan pendidikan dan ilmu terbaik.

Bahkan bila harus berpisah dari keluarga untuk menempuh pendidikan di luar negeri, hal itu tak menjadi masalah. Berjuta kilometer jauhnya dan bertahun-tahun lamanya terpisah dari keluarga demi menyabet gelar terbaik dan mendapatkan pekerjaan impian memang menjadi alasan terbesar orang-orang yang menempuh pendidikan jauh dari tempat tinggalnya.

Beberapa mungkin memaparkan alasannya bila hanya menempuh pendidikan di wilayah tempat tinggalnya, ia tak akan mendapatkan pendidikan dengan cara pandang yang luas. Semua alasan itu sah-sah saja.

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah negara bahkan menyediakan dana bantuan atau beasiswa bagi mereka yang ingin dan mampu secara intelektual untuk melanjutkan studi di luar negeri. Bahkan beasiswa ini terkadang ada yang membiayai biaya selama hidup di perantauan.

Pendidikan memang aset yang berharga sehingga pemerintah pun banyak mengeluarkan dana untuk beasiswa dengan harapan anak bangsa akan kembali dan membangun negaranya sehingga dapat berkembang dan maju, tidak kalah dengan negara maju seperti Amerika dan Jerman.

Berikut beberapa tujuan universitas/Sekolah musik terbaik di dunia yang kerap kali menjadi idaman para pelajar di seluruh dunia :

1. The Julliard School


Sekolah yang sudah terkenal kualitasnya, baik di dalam maupun luar negeri. Mereka siap menyediakan tempat pendidikan musisi kelas dunia.

Proses masuknya tidak mudah, mengingat mereka hanya menerima 7,6% dari pelamar. Mereka memiliki akses terhadap fasilitas musik kelas dunia yang sudah popular. Misalnya seperti penggunaan Lincoln Center yang megah untuk pertunjukan seni.

Para siswa pun rutin unjuk gigi untuk publik. Divisi musik mereka dilengkapi juga dengan teknologi musik, studi musik jazz, pertunjukan historis, seni vokal, opera, tari serta drama.

Kualitas mereka ditunjang juga dengan anggota fakultasnya yang merupakan orang-orang professional atau para musisi terkemuka.

Alamat lengkapnya ada di 60 Lincoln Center Plaza, New York, NY 10023, 212-799-5000 dan websitenya di Juilliard.edu.

2.Royal Academy Of Music


Sekolah musik selanjutnya berdiri di tahun 1822. Sekolah ini pun menjadi yang paling tua di Inggris Raya. Kualitasnya sudah tak diragukan lagi, mengingat alumninya merupakan musisi-musisi besar seperti Elton John, Annie Lennox dan Simon Rattle.

Para siswanya memang kerap tampil di berbagai festival dan ajang-ajang yang popular, seperti di Kings Place dan Wigmore Hall. Mereka memiliki label CD sendiri, dan sudah menseriusi perkembangannya dengan merilis lebih dari 20 album. Karena mendunia, siswanya pun datang dari berbagai penjuru bumi.

Lengkap dari level pendidikan rendah sampai tinggi. Ikatan komunitasnya pun sangat erat. Alamat lengkapnya ada di Marylebone Road, London NW1 5HT, United Kingdom, 011-44-020-7873-7373 dan website-nya di raNamam.ac.uk.

3. Le Conservatoire de Paris


Nama yang sudah mendunia ini tak hanya menawarkan studi tentang musik, melainkan juga tari dan seni rekaman.

Jurusan-jurusan yang ada meliputi musik-musik awal, disiplin Vokal, jazz, intrument musik klasik, conducting dan musikologi.

Lulusannya memiliki peluang besar untuk masuk ke Conservatoire Graduates’ Orchestra. Bukan hal mudah jika ingin menjadi bagian dari sekolah ini. Pelamar mesti melewati serangkaian tes dan audisi. Alamatnya ada Le Conservatoire de Paris, 209 Avenue Jean-Jaur├Ęs, 75019 Paris, Paris.



4. Berklee College of Music



Lawrence Berk menjadi nama penting dibalik pendirian sekolah. Dia merupakan penyusun orkestra radio CBS dan NBC. Dia juga menjadi sosok yang ingin membuat sekolah praktik untuk mengajarkan musik kontemporer. Selain itu, ia memang ingin memberikan bekal dini bagi orang-orang yang hendak mengambil profesi sebagai musisi.

Selain di bidang musik kontemporer, kekuatan besar lain dari sekolah ini terletak di bidang seni dan bisnis musiknya.

Mata kuliah yang ditawarkan bisa berbentuk performance atau non-performance.

Alamatnya 1140 Boylston Street, Boston, MA 02215, 617-266-1400, dan blog yang bisa dikunjungi yaitu berklee.edu.

5. Cleveland Institute of Music


Sekolah yang sangat menjunjung profesionalitas musisi. Dalam websitenya, mereka mengklaim bahwa 80% lulusannya tampil dengan organisasi musik terkemuka di dunia, di tingkat nasional, orkestra internasional, berkarier solo, bekerja di perusahaan opera dsb.

Mereka menawarkan sekolah sarjana, pascasarjana dan tingkat doktor. Tapi mereka juga menjadi fasilitator bagi mereka yang mengambil studi secara profesional dan bersertifikat, atau untuk mereka yang mengambil level diploma.

Alamatnya ada di Cleveland Institute of Music, 11021 East Boulevard, Cleveland, Ohio 44106, 216-791-5000. Blog resminya cim.edu.

6. Curtis Institute of Music


Konservatori yang cukup kesohor di dunia. Para siswa yang menggali ilmu di sana tak begitu banyak, hanya sekitar 165 orang tiap tahunnya. Namun masing-masing dari mereka mengaku diberi beasiswa penuh.

Di sana mereka memiliki peluang besar untuk tampil dan menunjukkan bakat diri. Dengan demikian, besar juga kesempatan mereka untuk menjadi seniman atau penampil kelas dunia.

7.Jacobs School of Music


Sekolah musik yang sebenarnya ada di lingkungan Universitas Indiana. Opera universitas mereka yang bernama Opera Theater menjadi satu-satunya yang pernah diundang tampil di Metropolitan Opera, New York.

Tiap tahun, sedikitnya ada 1.600 orang yang belajar. Tiap tahun juga universitas mesti berjibaku mengorganisir kurang-lebih 1.100 penampilan, termasuk di dalamnya 7 opera full-staged.

Alamatnya ada di Jacobs School of Music 1201 E. Third Street Merrill Hall 003, Bloomington, IN 47405-2200, 812-855-1583, dengan website music.indiana.edu.

8.Manhattan School of Music


Mereka memiliki sekitar 275 fakultas yang bertugas mentransferkan ilmu pada 800 siswa per tahunnya.

Lokasinya cukup strategis, di New York, sehingga membuka kesempatan besar bagi para siswa untuk terus mengembangkan diri. Belum lagi sekolah memang mengadakan agenda yang semakin memperluas kesempatan bagi para siswanya untuk unjuk gigi. Tingkat pendidikan yang ditawarkan meliputi diploma, sarjana, pascasarjana dan doktor juga.

9.Trinity Laban Conservatoire of Music and Dance


Pada tahun 1872, The Rev’d mendirikan Trinity Laban Conservatoire of Music. Henry Bonavia Hunt berusaha meningkatkan pembelajaran terkait musik-musik gereja. Awalnya sekolah ini bernama Church Choral Society. Aktivitas pembelajaranya beragam.

Setahun kemudian, namanya berubah menjadi College of Church Music London. Dan pada tahun 1876, sekolah ini kemudian menjadi Trinity College London. Hanya siswa laki-laki yang bisa daftar, namun mereka lebih dahulu mesti mendaftar menjadi jemaat gereja Inggris.

Basis mereka ada di London, Inggris. Sekolah ini berdiri di tahun 2005, dari hasil merger antar dua institusi bernama Trinity College of Music dan Laban Dance Centre. Mereka memiliki sekitar 1.000 mahasiswa yang terbagi di dunia kampus, baik itu di Greenwich atau di Deptford, London.



10.Royal College of Music



Sekolah musik ini sudah berdiri sejak tahun 1882, tepatnya di Kensington Selatan, London, Inggris. Sekolah ini sering dimasukkan sebagai salah-satu konservatori paling tenama di dunia.

Lokasi sekolah ini ada di Jalan Prince Consort, berdekatan dengan Imperial College. Itu artinya sekolah ini berseberangan dengan Royal Albert Hall, arena konser yang cukup besar dan mewah.

Sekolah ini memberi pelajaran seputar semua aspek musik klasik barat. Level pendidikannya mulai dari sarjana sampai doktor. Sekolah ini juga membuka departemen khusus untuk para junior Musik, di mana sekitar 300 anak atau remaja usia 8-18 tahun menimba ilmu seputar musik dari dini.

11. Bucknell University


Siswa yang belajar di Bucknell ini menerima pendidikan musik yang menekankan tiga bidang utama yaitu: sejarah musik, teori musik dan kinerja.

Sekolah ini menawarkan musik state of the art, Sigfried Weis Music Building, yang menampung sebuah perpustakaan musik yang luas, ruang resital, studio fakultas dan ruang latihan yang baik.

Siswa yang bersekolah disini akan memperoleh gelar sarjana di bidang pendidikan musik, kinerja, komposisi dan sejarah musik. Namun sayangnya sekolah ini tidak menawarkan studi untuk pascasarjana.



12. San Francisco Conservatory of Music



San Francisco Conservatory ini adalah sekolah musik tertua di pantai barat. Siswa yang belajar disini akan mendapatkan gelar sarjana atau master dalam berbagai bidang musik termasuk komposisi, gitar, instrumen orkestra dan suara. Sekolah ini juga menawarkan sertifikat artistik dalam studi musik ruang, pascasarjana piano dsb.



13. Oberlin College



Siswa yang belajar di Oberlin College ini akan memperoleh gelar di bidang-bidang seperti Pertunjukan, mengajar musik dan sejarah musik. Di Oberlin college ini juga menawarkan kuliah baik pascasarjana dan studi sarjana, mahasiswa disini memiliki kesempatan untuk mengkhususkan pendidikan mereka di sejumlah jurusan seperti studi jazz, vokal, string, brass, woodwinds dan perkusi.



14. University of Rochester



Dinamakan "sekolah musik terpanas" pada tahun 2008 yang dipimpin oleh Kaplan / Newsweek, Universitas sekolah Eastman Rochester musik ini menawarkan siswa Sarjana, master dan doktor di berbagai bidang musik termasuk komposisi, studi jazz, pendidikan musik, piano dan teori.
Sekolah ini juga menawarkan program musik buat kalian yang ingin belajar musik dari awal.

15. Harvard University


Harvard adalah universitas paling top di semua negara menurut US News & World Report, harvard disini menawarkan siswa yang komprehensif baik itu mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Siswa yang mengejar gelar doktor pada bidang musik dapat mengkhususkan diri dalam empat bidang yang berbeda yaitu : musikologi historis, teori musik, komposisi, dan etnomusikologi, yang fokus pada isu-isu sosial dan budaya dalam musik.

Nah, itulah beberapa sekolah musik terbaik dunia yang dirangkum disini.

Semoga dengan adanya artikel di atas dapat menambah referensi kalian yang ingin melanjutkan studi musik diluar negeri.  Bermusik adalah salah satu bakat yang dianugerahkan pada seseorang. Namun bakat saja tak akan begitu tajam apabila tidak diasah dengan belajar, bekerja dan praktik.

Sebaliknya, jika memiliki minat, maka proses pembelajaran bisa mengolahnya menjadi passion dan skill yang berkualitas. Jadi, Belajarlah dan teruslah belajar baik itu disekolah musik tanah air maupun diluar negeri semuanya sama, yang penting tetap asah kemampuanmu.