10 Cara Yang Harus Diketahui Agar Menjadi Musisi Terbaik

loading...
10 Cara Yang Harus Diketahui Agar Menjadi Musisi Terbaik -- Setiap orang bisa mulai membuat musik di komputernya, tetapi sekali Anda telah memahami dasar-dasar rekaman, mengedit, dan mixing, mungkin Anda mulai bertanya-tanya apa lagi langkah yang selanjutnya agar menjadi musisi profesional.


Berikut ini adalah beberapa 10 Cara Yang Harus Diketahui Agar Menjadi Musisi Terbaik.

1. Pelajari Perlengkapan yang Anda Gunakan

Terlalu aneh jika mudah untuk percaya bahwa musik yang Anda buat secara ajaib akan langsung terdengar bagus jika Anda hanya mempunyai satu plug-in pada perlengkapan Anda. Dalam banyak kasus, memang setiap DAW mempunyai plug-in bawaan, namun akan lebih baik jika Anda juga menambahkan beberapa plug-in dari pihak ke tiga untuk melengkapi perlengkapan yang akan Anda gunakan nantinya. 

Namun mempunyai banyak plug-in pada DAW kita bukanlah segalanya, yang paling penting adalah kita memahami setiap plug-in yang kita miliki, karena Anda tidak akan bisa berperang dengan baik jika Anda tidak mengetahui senjata apa saja yang Anda gunakan.

2. Temukan Gaya Musik Anda Sendiri

Memang pada umumnya kita ingin membuat lagu seperti musik yang biasa Anda dengar atau Anda sukai, tapi jangan puas dengan hanya jadi produser peniru. Mengambil inspirasi dari idola kita sih boleh saja, tapi ingat bahwa jika Anda ingin terlihat menonjol atau berbeda, Anda perlu menemukan gaya musik Anda sendiri. Tapi bukan berarti Anda harus menciptakan genre musik baru lagi, cobalah untuk sesuatu yang Anda banget pada musik yang Anda buat walaupun jenis musiknya sama.

3. Berkolaborasi dengan Orang Lain

Membuat musik dengan komputer memang dapat membuat kita menjadi lebih soliter, namun hal tersebut tidak harus dilakukan, kenapa tidak mencoba bekerja sama dengan orang yang satu pikiran dengan Anda? Anda dapat menemukannya di lingkungan Anda, Internet atau jejaring soisal, telah banyak orang-orang mendirikan kelompok-kelompok di Internet yang bisa Anda masuki untuk saling bertukar pendapat. 

Anda juga bisa bertukar project file anda via internet dengan partner Anda, sehingga Anda bisa saling mengoreksi atau bisa juga berkolaborasi menciptakan project baru dengan cara tersebut, siapa tahu hasilnya akan lebih baik dari pada pekerjaan Anda sendiri.

4. Belajar Memainkan Alat Musik Sesungguhnya

Satu hal penting dalam membuat musik dengan komputer adalah bukan berarti Anda harus menjadi musisi virtual saja, tapi jika Anda belajar untuk memainkan alat musik, Anda mungkin akan menjadi musisi yang lebih baik. Dapat memahami bagaimana suatu musik berkerja dapat membuat Anda mudah dalam menemukan beat, bassline, chord progression dan melodi yang lebih baik.

5. Cobalah untuk Menyelesaikan Project Musik Anda

Jika Anda ingin menjadi musisi atau DJ yang terkenal, hal itu tidak akan memakan waktu yang singkat, Anda mungkin akan mengalami masa dimana Anda membuat banyak project musik yang berbeda namun tidak ada satu pun yang benar-benar selesai. Memang tidak masalah jika Anda hanya mencurahkan kreativitas Anda saja sehingga hasilnya seperti itu, namun bukankah Anda akan merasa lebih puas jika Anda dapat benar-benar menyelesaikan suatu project dan memamerkannya dengan teman Anda atau orang lain. So, berusahalah untuk menyelesaikan setiap project yang Anda mulai.

6. Keep Enjoyable

Jangan lupa untuk mengingat alasan apa yang membuat Anda memulai membuat musik pada awalnya, kalau for fun atau untuk bersenang-senang saja, itulah intinya. Kecuali kalau Anda sangat berbakat atau bahkan beruntung, Anda dapat membuatnya sebagai hobi yang menghasilkan rupiah, tapi bukan itu inti sebenarnya kan? Membuat music seharunya selalu enjoyable, jika tidak demikian coba tanyakan kembali pada Anda mengapa Anda melakukan hal tersebut.

7. Share Project Anda di Soundcloud

Soundcloud saat ini telah menjadi tempat bagi para musisi baik yang profesional maupun yang masih amatir untuk mengupload karya mereka. Pendengar biasanya akan berkomentar pada musik-musik yang mereka dengar, jadi uploadlah beberapa project-project Anda di sana, supaya mendapatkan beberapa komentar-komentar yang dapat membuat karya Anda menjadi lebih baik lagi. Pada umumnya juga di sana beberapa orang mengupload demo atau project-projectnya yang baru setengah jadi, sehingga orang lain dapat memberikan saran apa yang seharusnya Anda lakukan selanjutnya pada musik Anda.

8. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Bahkan jika Anda sudah memiliki pemahaman yang memadai tentang bagaimana cara kerja pembuatan musik dengan komputer dan telah dapat menyelesaikan satu atau dua lagu, Anda masih harus selalu belajar mengasah keterampilan Anda. Membaca majalah-majalah atau situs-situs yang membahas tentang musik merupakan langkah yang bagus untuk melakukan tersebut di samping kita juga dapat sharing-sharing tentang teknik-teknik bermusik di forum-forum.

9. Jangan Monoton

Jika Anda mendapati setiap lagu yang Anda buat mulai terdengar sama atau bahkan dalam membuat musik tersebut Anda mengikuti pola-pola itu saja, maka sudah saatnya Anda berubah. Cobalah untuk mencoba menggunakan cara yang berbeda dan sama sekali belum ada dalam pikiran Anda sebelumnya, walaupun hasilnya kurang memuaskan, namun itu merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan kreativitas terasah.

10. Break The Rules.!

Pada akhirnya, Anda akan tahu lebih baik daripada orang lain jika Anda dapat melakukan hal yang benar dalam membuat musik Anda. Meskipun banyak pedoman umum tentang musik yang bisa Anda ikuti, namun banyak produser yang telah sukses justru karena mereka lebih menggunakan naluri mereka dan melanggar peraturan-peraturan dalam musik. Ingatlah kalau musik itu bersifat universal, cara apapun bisa digunakan selama musik itu akan terdengar bagus.

Itulah 10 Cara Yang Harus Diketahui Agar Menjadi Musisi Terbaik. Semoga bermanfaat dan anda berhasil.