5 Tips Agar Bisa Bermain Gitar Untuk Pemula Yang Wajib Diketahui

loading...
5 Tips Agar Bisa Bermain Gitar Untuk Pemula Yang Wajib Diketahui -- Gitar adalah alat musik sederhana yang banyak ditemukan di sekitar kehidupan kita, alat musik ini adalah alat musik yang paling umum untuk belajar musik, pada umumnya orang-orang yang menguasai alat musik lain seperti drum dan keyboard pasti mengusai teknik-teknik dalam memainkan gitar.

Ada yang kurang rasanya jika berkumpul atau nongkrong sama temen-temen hanya bernyanyi tapi tidak diiringi dengan gitar. ok, kali ini saya akan memberikan tutorial tata cara barmain gitar dimulai dari ''0'' sampai bisa bermain gitar walaupun hanya dasarnya saja.

1. Memiliki Gitar Sendiri


Jika ingin belajar bermain gitar disarankan untuk memiliki alat musik gitar ini sendiri, yang dimaksud disini adalah tidak pinjam sama temen, karena jika memilki gitar sendiri kita punya waktu kapanpun untuk berlatih memainkan gitar, sehingga kita akan lebih optimal dalam belajar gitar. Tidak perlu gitar yang mahal yang pasti gitar itu nyaman untuk digunakan, belilah gitar yang terjangkau di toko terlebih dahulu dan jika sudah mahir bisa membeli gitar yang lebih bagus/mahal, karena jika kita sudah mahir kita akan tahu gitar mana yang nyaman ditangan dan mengetahui kualitas bunyi dari gitar tersebut.

2. Menyetel Gitar


Sangat wajib gitar yang kita gunakan untuk berlatih sudah tersusun nada dalam setiap senarnya, karena jika belum disetel gitarnya bunyinya tidak akan harmonis dan kita tidak akan mengerti tenteng bunyinya walaupun benar dalam penempatan kunci. Saran saya adalah mintalah seseorang yang sudah mahir bernain gitar untuk menyetel dahulu gitar tersebut karena jika belum bisa bermain gitar akan sangat sulit mengetahui nada yang benar dalam penyetelannya.

3. Belajar Kunci Dasar (Mayor)

Kunci dasar adalah kunci yang paling mudah untuk dimainkan, disarankan agar bisa memainkan lagu dari kunci dasar tersebut dahulu baru lanjut ke kunci yang lebih rumit. Contoh kunci dasar adalah A B C D E F G dalam bentuk Mayor, lagu pertama saya yang bisa saya mainkan adalah lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung, lagu anak-anak tersebut tidak terlalu membutuhkan banyak kunci, hanya kunci A E dan D berulang ulang, berikut kunci-kunci dasarnya.


4. Lanjut Dengan Kunci Minor

Kunci minor sebenarnya sama saja dengan kunci mayor hanya saja jika sudah menguasai kunci dasar mayor akan lebih mudah untuk mengusai kunci dasar tingkat lanjut. Contoh kuncinya adalah Cm Dm Em Fm Gm Am Bm. Berikut gambarannya

 

5. Membeli Buku Lagu

Jika sudah menguasai kunci dasar mayor dan minor dan sudah bisa memainkan lagu-lagu umum yang bisa dimainkan (seperti saya lagu bintang kecil) maka disarankan untuk membeli buku lagu  band favorit agar bisa lebih fasih dala permainan gitarnya, tidak harus membeli di internet pun banyak menyediakan accord lagu segala band yang penting adalah bisa memainkannya.

Itulah 5 Tips Agar Bisa Bermain Gitar Untuk Pemula Yang Wajib Anda Ketahui, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.