5 Tips Memilih Chord dan Chorus yang Tepat untuk Lagu

loading...

5 Tips Memilih Chord dan Chorus yang Tepat untuk Lagu -- Mungkin kalian jika memilih lagu pasti memikirkan juga dengan kunci lagu yang pas seperti apa yang akan digunakan bukan? Ada banyak hal yang harus dipikirkan, dipertimbangkan, dan dipahami selain hanya menyanyikan lagu saja. Simak 5 tips berikut untuk memilih kunci lagu yang tepat.


1. Melody dan Lyric yang pas

Pilihan chord, Melody / Lyric yang pas dengan lagu dan melodi yang anda mainkan diwajibkan agar bertepatan dengan semua alur lagu, lirik dan tempo yang dibawakan, pastikan agar memilih kunci yang masih berada di jangkauan vokal kalian, jangan sampai kalian merasa kuncinya begitu rendah di beberapa bagian lagu ataupun merasa ketinggian . nyanyikanlah lagu yang kuncinya masih berada di jangkauan suara vokalis

2. Sesuaikan Dengan Energi Lagu Yang Dibawakan

Setiap lagu memiliki energi yang berbeda-beda, pastikan pemilihan kunci sesuai dengan pengeluaran energi lagu yang dibawakan. Jika kalian menemukan lagu yang mempunyai terlalu banyak energi terpendam , dan kalian ingin bersantai sedikit dalam pembawannya, cobalah menurunkan kunci dengan semitone atau seluruh nada dengan solusi biasa atau lainnya (tempo lambat, iringan instrumen ringan, dsb)

3. Perubahan Kunci

Perubahan kunci dan verse / chorus dengan Paduan Suara. Jika verse dan chorus menggunakan akor yang sangat mirip, kalian bisa menyegarkan lagu dengan mengubah untuk memadukan suaranya . Sebagai contoh, jika kedua verse dan chorus menggunakan GC Am DG , hasil dari perpaduan suara harus menjadikannya kunci baru . kalian harus berhati-hati tentang bagaimana kalian mentransisikan dari satu kunci ke yang lain. ( Pastikan perubahan kunci tidak di luar jangkauan vokal kalian)

4. Pemilihan Instrumentasi

Setiap pemain profesional harus mampu bermain di berbagai tuts dan kolom, tapi ada baiknya untuk mempertimbangkan iringan instrumen untuk lagu kalian. Karena instrumen seperti Alto Sax adalah instrumen Eb, itu berarti bahwa memilih A utama untuk lagu kalian menempatkan alto di F # utama (6 benda tajam). Pastikan pilihan kunci dimainkan oleh band kalian tanpa adanya musisi pembantu .

5. Demo Rekaman

Jika kalian menempatkan rekaman demo secara bersama-sama, kalian harus memastikan bahwa semua lagu kalian tidak berada dalam kunci yang sama. Ini hanya membuat lagu menjadi monoton untuk didengar, dan membuatnya seolah-olah kalian seperti hanya tahu bagaimana untuk bermain di salah satu kunci saja . Selain itu, banyak pemain memiliki riff tertentu dan pola chording yang muncul lebih banyak di kunci tertentu .

Note : Harus di ingat bahwa dalam memilih kunci, suara penyanyi hanyalah salah satu faktor dan bukan faktor utama. kalian bisa minta bantu seseorang yang benar-benar mengerti tentang musik untuk menilai pemilihan kunci yang kalian gunakan, pastikan itu kunci yang dipilih terdengar harmonis. Hal ini terutama berlaku ketika menggunakan instrumen akustik.


Itulah 5 Tips Memilih Chord dan Chorus yang Tepat untuk Lagu. Semoga bermanfaat.