5 Perbedaan Antara Gitar Akustik dan Elektrik

loading...
5 Perbedaan Antara Gitar Akustik dan Elektrik -- Akustik dan Elektrik adalah jenis dari alat musik gitar yang memiliki perannya sendiri dalam penggunaan permainannya, bentuk dan suara ketika dimainkan, serta genrenya. Pada dasarnya akustik dan elektrik sama dalam hal permainannya karena tidak ada perbedaan yang jauh dalam memainkan musiknya, yaitu sama-sama dipetik. Yang paling membedakan antara akustik dan elektrik tentu saja adalah bentuk dan suara yang dihasilkan.


Berikut 5 Perbedaan Antara Gitar Akustik dan Elektrik :

1. Genre atau Jenis Musik

Pada umumnya akustik dan elektrik memilki genre musik yang berbeda dimana pada gitar akustik lebih kepada genre musik yang santai dan lembut, karena banyak dimainkan secara solo, tetapi pada elektrik memilki genre yang agak ngebit atau ngerock karena dimainkan dalam grub seperti band, tapi tidak semua penngunaan gitar elektrik pada genre musik yang ngerock, karena gitar elektrik memiki efek pengubah suara menggunakan build in. Dengan efek itu gitar elektrik dapat menyesuaikan pemainnya dalam membawakan lagu yang pas.

2. Suara

Pada jenis akustik suara yang dihasilkan tidak bisa diubah dalam pembawaannya, ini dikarenakan suara yang dihasilkan gitar akustik langsung dari senarnya tanpa alat bantu speaker walaupun ada beberapa gitar akustik yang dilengkapi efek untuk menghubungkannya ke salon. Sedangkan pada gitar elektrik suaranya tidak dihasilkan langsung oleh gitar tersebut melainkan dihubungkan ke speaker guna mengeluarkan suara dari permainan gitar elektrik tersebut. Suara gitar elektrik dapat di ubah ubah dengan menggunakan efek.

3. Bentuk

Gitar akustik memiliki bentuk yang terkesan besar daripada gitar elektrik, ini dikarenakan gitar akustik menggunakan "tubuhnya" untuk membuat suara yang dipetik dari senar terdengar lebih nyaring. Sedangkan pada gitar elektrik memiliki bentuk yang elegan dan bentuknya tidak sebesar gitar akustik.

4. Fitur

Tentu saja perbedaan fitur akustik dan elektrik berbeda jauh, pada akustik hampir tidak ada penambahan dari pertama kali gitar ini diciptakan sampai saat ini, tapi sudah banyak pula dipasaran gitar akustik yang sudah memiliki female jack seperti gitar elektrik. Sedangkan pada gitar elektrik hari ke hari semakin banyak perkembangan fitur teknologinya contohnya saja efek suaranya yang semakin banyak jenisnya.

5. Harga

Sebenarnya perbedaan harga dari akustik dan elektrik cukup jauh, dimana akustik yang berkualitas cukup bagus harganya sama dengan gitar akustik yang berkualitas rendah, ini dikarenakan fitur dan bentuk dari akustik dan elektrik, tapi gitar akustik profesional harganya bisa lebih tinggi dari gitar elektrik.

Itulah 5 Perbedaan Gitar Akustik dan Elektrik. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih :))