Tips Memilih dan Membeli Amplifier Gitar yang Berkualitas

loading...
Tips Memilih dan Membeli Amplifier (ampli) Gitar yang Berkualitas -- Artikel kali ini khusus buat kalian yang saat ini sedang bingung mencari atau ingin membeli amplifier gitar mungkin sedikit dipusingkan mengenai apa saja yang harus dipertimbangkan saat ingin memilih amplifier yang cocok. 


Amplifier dalam bahasa indonesia berarti penguat, termasuk komponen pembantu yang penting dalam bermusik. Disini saya akan mencoba memberikan apa saja yang musti menjadi pertimbangan saat membeli amplifier baik untuk gitar akustik maupun elektrik yang baik.

Namun sebelum itu saya akan sedikit menjelaskan jenis-jenis dan type dari amplifer gitar yang dapat kalian jadikan pedoman sebelum membeli amplifer tersebut.

Adapun jenis dan type amplifer gitar pada umumnya yaitu :

1. Amplifier Tabung (Tube Amplifiers) 

Amplifier gitar pertama yang pernah diciptakan adalah amplitabung, saat ini masih banyak gitaris dunia memilihmenggunakannya dibandingkan dengan ampli gitar analog atau digital. Alasannya adalah karena suara yang dihasilkan ampli tabung lebih lembut  dan hangat, sehingga suara yang dihasilkan terasa alami bagi sebagian gitaris khususnya para gitaris blues.  Kelebihan lain dari ampli tabung adalah pada amplikasi suara yang dihasilkan umumnya lebih powerful walaupun dengan kekuatan watt yang sama dibandingkan dengan ampli analog atau digital.

Ampli tabung memiliki saluran terpisah untuk menghasilkan efek distorsi dan efek clean. Distorsi di ampli tabung umumnya dihasilkan oleh Overdriving pre-amp (penguat sinyal gitar). Ada dua kelemahan utama secara fisik dari ampli tabung ini,

Pertama : adalah tabung terbuat dari kaca dan mudah pecah/rusak jika tidak hati-hati,

Kedua : tabung bisa aus dan perlu diganti secara berkala, apalagi pada era serba digital sekarang tidak banyak yang menjual tabung-tabung ini sebagai spare, kalau adapun harganya tentu cukup mahal.


2. Solid State (analog) Amplifiers


Kenapa  jenis amp gitar jenis ini disebut solid state? karena menggunakan transistor dalam menangkap sinyal gitar sebagai pre amp.Masalah utama dengan ampli gitar solid state ini adalah suara yang dihasilkan lebih kasar dan kurang alami jika dibandingkan dengan ampli gitar tabung. Hal ini terutama terjadi pada saluran distorsi-nya, kualitas distorsi pada ampli solid state bisa berbeda antara merk yang satu dengan yang lainnya, tergantung dari kualitas komponen transistornya, oleh sebab itu anda hendaklah berhati-hati didalam memilih ampli jenis ini.

Kelebihan ampli gitar solid state adalah umurnya lebih panjang, tidak mudah rusak, lebih murah  dan komponennya mudah diperoleh, tidak seperti ampli gitar tabung, ampli gitar Solid State disukai oleh sebagian gitaris karena alasan-alasan tadi.


3. Digital (Modeling) Amplifiers


Ampli jenis ini menggunakan perangkat Digital Processors, kelebihannya adalah dapat menghasilkan dan meniru bermacam-macam suara. Ampli ini semakin populer di kalangan gitaris dewasa ini, karena terus di kembangkan dan harganyapun semakin murah. Suara yang ditiru ampli ini sangat mirip dengan suara aslinya, bahkan suara bayi menangispun hampir mirip dengan bayi sungguhan.


 4. Hybrid Amplifiers


Beberapa insdustri gitar dewasa ini telah mengeluarkan ampli gitar yang menggabungkan pre-amp tabung dan solid statepower amp. Yang paling terkenal adalah Marshall Valvestate Seriamp. Ampli ini menjadi alternatif jika anda ingin memiliki ampli gitar yang bertabung tetapi harganya lebih murah jika dibandingkan dengan Tube Amplifier.

Kualitas dari amplifier dapat mempengaruhi suara yang dihasilkan dari gitar. Apabila amplifier memiliki kualitas yang buruk , maka dapat membuat suara gitar yang baik menjadi buruk pula. Dengan ampli yang baik tentunya dapat meningkatkan kenikmatan dari suara gitar yang dihasilkan.

Berikut ini saya akan sedikit memberikan tips memilih dan membeli amplifier gitar yang tepat. Ada empat hal yang perlu diperhatikan:

Kategori

Menurut kategori, amplifier gitar dibagi menjadi dua macam:
  • Combo : Rangkaian amplifier yang menyatu dengan speakernya. Berbentuk kecil dan tidak ribet karena langsung terangkai tanpa repot membawa banyak komponen. 
  • Head / Cabinet : Rangkaian amplifier terpisah dengan speaker. Hal itu dapat meringankan berat body saat dibawa. Digunakan untuk sumber sinyal yang komplek dan berat.

Komponen

Adapun komponen pengisi, amplifier terbagi menjadi 4 macam:
  • Solid State Amps : Suara yang dihasilkan jelas dan jernih. Memakai transistor didalamnya.
  • Tube (Tabung) Amps : Menggunakan tabung hampa, suara yang dihasilkan lebih tebal dengan distorsi yang lebih lembut dibandingkan Solid State.
  • Digital Amps : Menggunakan perangkat digital processor didalamnya.
  • Hybrid amps : Gabungan antara Tube dan Solid State. Termasuk amplifier jenis baru.

Harga

Jika dilihat dari harga, Amplifier jenis combo harganya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis Head/Cabinet. Ukuran dari amplifier combo yang secara umum lebih kecil dan praktis, sehingga dapat mudah kalian bawa kemanapun. Ampli combo ini sangat cocok untuk penggunaan di ruangan kecil seperti studio kecil, rumah pribadi atau digunakan didalam kamar.

Untuk amplifier jenis head/Cabinet harganya lebih mahal dibanding Combo karena biasanya untuk penggunaan di tempat yang lebih luas seperti di lapangan, panggung konser besar atau gedung yang luas dengan tata suara yang lebih rumit dibanding Combo yang hanya untuk ruangan kecil.

Spesifikasi Penggunaan

Combo
  • Micro Ampli: Menggunakan daya 1 sampai 10 watt, Berbentuk kecil sehingga mudah dibawa dengan tangan.
  • Practice Ampli: Menggunakan daya 10 sampai 30 watt. Lebih cocok digunakan untuk pertunjukan diruang kecil atau didalam kamar.
  • Combo Full size 1×12: Daya yang diperlukan sampai 50 watt atau lebih. Suara yang dihasilkan lebih besar dan bisa digunakan untuk ruangan kecil dan sedang.

Head / Cabinet
  • Ukuran Small: Daya yang diperlukan antara 18 sampai 50 watt.
  • Ukuran Medium: Daya yang diperlukan sekitar 100 watt atau lebih.
  • Ukuran Large: Antara 200-400 watt. Suara yang dihasilkan sangat besar. Cocok digunakan untuk penggunaan panggung besar atau konser.

Namun pada perkembangan dunia pertunjukan musik dewasa ini sudah dan memang banyak gitaris yang justru memilih menggunakan ampli jenis Combo bahkan untuk stage besar.

Mengapa demikian.? Karena pada dasarnya setiap pemain memiliki keinginan/selera yang berbeda terhadap karakter sound gitar yang dihasilkan dari ampli yang digunakan.

Mengapa mereka tidak khawatir menggunakan ampli jenis combo.? saat ini sudah banyak sound enginer dan soundman yang bisa menseting untuk memaksimalkan suara yang dihasilkan dari sebuah ampli combo.

Nah itulah beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum kalian memutuskan untuk membeli amplifer gitar yang cocok untuk kalian gunakan. semoga bermanfaat :)