6 Alasan Mengapa Pecinta Musik Harus Menggunakan Digital Audio Workstation (DAW)

loading...
Mungkin sebagian dari kalian masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan Digital Audio Workstation (DAW) ini, Digital Audio Workstation adalah sistem elektronik atau bisa dikatakan software yang bisa merekam, mengedit, dan memutar ulang suara secara digital. Saat ini sudah banyak software-software DAW yang gratis ataupun berbayar, sehingga siapapun saat ini dapat memciptakan lagu secara digital.


Untuk software-software DAW nanti akan saya bahas di posting berikutnya, saat ini kita bicarakan kenapa kita sebagai pecinta musik harus menggunakan software-software DAW?

1. Mudah

Membuat musik dengan DAW mungkin sangat mudah bagi yang sudah ahli atau atau paling tidak sudah jago dengan teori-teori bermusik, namun bagi kalian yang masih pemula jangan khawatir jika kalian belum banyak mengetahui teori-teori musik, DAW diciptakan untuk mempermudah orang dalam menciptakan lagu. Jadi cukup pelajari sedikit demi sedikit teori musik dasar maka kalian sudah dapat menggunakan DAW dalam menciptakan lagu kalian sendiri. Learn by doing merupakan resep ampuh dalam hal ini :)

2. Simpel

Dikatakan simpel karena kita dapat menciptakan berbagai variasi suara instrumen hanya bermodalkan PC atau laptop yang telah terinstal software DAW saja. Namun kalau kita sudah ahli, kita dapat menambahkan alat-alat elektronik tambahan lainnya untuk menunjang pembuatan lagu yang akan kita buat.

3. Murah

Murah di sini maksudnya jika kalian sudah punya perangkat komputer, kalau belum punya ya jadi mahal karena kalian harus membeli komputer dulu. Banyak sekali software-software DAW di internet mulai dari yang gratis sampai yang berbayar, namun karena perkembangan teknologi saat ini software berbayarpun bisa jadi gratis kalau kalian tahu caranya :)).

Namun saya sarankan kalau kalian sudah profesional dalam bermusik alangkah baiknya membeli yang asli demi kemajuan si pembuat software tersebut. Namun bagi kalian yang masih tahap belajar/pemula kalian dapat mencoba trial-trialnya dahulu sebelum memutuskan memilih DAW yang akan digunakan.

4. Tempat berkreasi musik

DAW mempunyai banyak jenis sehingga membuat kita dapat mengkolaborasikan nada apapun dan membuat musik dari genre apapun, dengan DAW kita juga bisa membuat suara-suara yang kita inginkan misalnya seperti soundtrack sebuah film, jadi kita tidak perlu mempunyai kelompok orkestra untuk membuat musik-musik instrumen tersebut. Dengan DAW kita cukup dengan menggabungkan satu per satu bunyi alat musik dan mengkolaborasikannya saja, apalagi jika kalian mempunyai music sense yang bagus, hal ini menjadi sesuatu yang mudah dilakukan.
5. Tidak harus pintar memainkan alat musik

Bagi kalian yang tidak bisa memainkan alat musik jangan khawatir, dalam menggunakan DAW kalian tidak harus menguasai cara memainkan alat musik sepenuhnya. Cukup tahu saja suara drum gimana, trus suara gitar bagaimana, atau suara-suara yang akan  digunakan bagaimana, karena di DAW kalian tinggal klik sana klik sini, drag sana drag sini sampai kalian menemukan posisi instrumen yang pas.

6. Dengan DAW anda bisa menjadi Produser musik profesional

Banyak sekali yang bisa dilakukan oleh software DAW dalam menciptakan musik, kita bisa mengatur atau mengaransmen tempo, beat, chord, interval, scale, dan lainnya. Bayangkan jika kita yang notabenenya pemula harus membuat lagu sesuai dengan tempo? pasti akan susah sekali ya? Namun dengan DAW kita bisa membuat tempo sesuka kita, dan musik kita akan dimainkan secara konsisten dengan tempo yang kita pilih.

Saya rasa itu dulu alasan mengapa kita harus menggunakan DAW, barangkali kalian mempunyai tambahan lain untuk pertanyaan tersebut, silahkan tambahkan di kolom komentar supaya dapat saya tambahkan untuk kesempurnaan informasi yang saya buat ini. Terima Kasih