Tips dan Trick Bermain Djembe untuk Pemula

loading...
Tips dan Trick Bermain Djembe untuk Pemula -- Djembe termasuk alat musik perkusi yang cara memainkannya dipukul. Djembe atau Jimbe merupakan salah satu warisan budaya yang berasal dari Benua Afrika. Banyak yang menceritakan bahwa awal mula djembe itu berasal dari kerajaan Mali di sekitar abad 12.


Alat musik jimbe terbuat dari kayu yang dibuat mirip gelas besar serta bagian atas atau lubang yang paling besar ditutup menggunakan kulit yang diikat dengan tali agar kencang. Menurut sejarah di Bangsa Afrika, jimbe juga digunakan sebagai alat komunikasi antar warga. Hal ini disebabkan jarak antar desa dan desa lainnya sangatlah jauh sehingga jimbe ini dipakai untuk menjadi alat komunikasi sebagai penyampai pesan dari orang ke orang lainnya.

Alat musik jimbe ini sering ditemui di musik-musik seperti musik Reggae dan sejenisnya. Jimbe seakan menjadi salah satu simbol dari musik genre Reggae karena sering muncul di beberapa pertunjukkan musik Reggae.

Bermain jimbe merupakan hal yang menyenangkan, apalagi jika bisa bermain bersama teman atau band. Belajar jimbe bukanlah hal yang sulit jika mau belajar dan berlatih terus menerus. Asalkan kita bisa mengikuti beberapa cara yang ada di bawah ini:

1. Latihan Fokus dan Konsisten

Bukan cuma alat musik jimbe saja, jika kalian ingin mahir dalam menguasai semua jenis alat musik sebaiknya hindari hal-hal yang menggangu kalian saat berlatih, tetap fokus pada latihan permainan alat musik yang kalian mainkan. Kemudian kalian harus latihan dengan konsisten dengan cara meluangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk berlatih. Bedakanlah antara latihan sendiri dan waktu latihan bersama band. Lakukan latihan ini setiap hari.

2. Belajar Cara Memukul Jimbe dan Suaranya

Adapun teknik memukul jimbe yang harus dipelajari untuk pemula yaitu :
  • Suara Bass "DUNG" Untuk membuat suara bas , caranya gampang. Gunakan satu tangan. Kanan atau kiri , ketukkan tepat di TENGAH-TENGAH jimbe dengan posisi tangan RAPAT.! seperti menadah air atau seperti berdoa.

  • Slap atau suara "TUNG" Cara membuat suara slap gampang kok. Ketukan tangan di PINGGIR jimbe. Jangan terlalu pinggir, tetapi kira 5 -6 cm dari tepian membran. Dengan posisi tangan RAPAT !! 

  • Meredam slap atau suara "TAK" Caranya , letakkan satu tangan di TENGAH-TENGAH jimbe, dengan posisi VERTIKAL ke atas. Jadi posisinya seperti memecah batu bata tapi agak di bengkokkan seperti MEMBUNGKAM mulut, lalu ketukkan teknik SLAP di belakang tangan yang ada ditengah-tengah tadi.

Dengan adanya teknik ketukan diatas sudah bisa kita kombinasikan untuk mengiringi sebuah lagu, Seperti untuk lagu kopi hitam - momonon. Dung - tung - tak - tung - tung (jeda sebentar,kira-kira setengah detik) tung - tak - tung - tung. Di ulangi terus menerus agar lebih menguasai pola-pola tersebut.

3. Mempunyai Jimbe

Akan lebih baik lagi jika kita bisa memiliki jimbe sendiri, sehingga kita bisa berlatih bermain djembe setiap saat. Bagi pemula belilah djembe yang tidak terlalu mahal terlebih dahulu, tetapi jika memang mempunyai budget untuk membeli yang mahal maka itu akan lebih baik.
Kendang djembe mempunyai banyak ukuran mulai yang terkecil hingga yang terbesar. Terutama untuk ukuran tinggi. Ukuran tinggi jimbe yang terkecil mulai dari 10 cm, 12 cm, 15 cm, 20 cm, 25 cm, 30 cm, 40 cm dan 50 cm dan 60 cm, 65 cm dan 70 cm. 

ada pula jimbe dengan ukuran yang sangat tinggi yakni ukuran 70 cm. sedangkan untuk diameter jimbe mempunyai variasi ukuran yang bermacam-macam, kalau dibikin perumpamaan diameter secara merata berukuran setengah dari ukuran tinggi jimbe atau kurang. Tapi tidak berlaku untuk semua ukuran jimbe terutama untuk ukuran yang tinggi seperti 50 cm, 60 cm, 65 cm dan 70 cm. Semakin lebar diameter jimbe, maka semakin beda harga jimbe tersebut.

Untuk model finishing jimbe juga mempunyai banyak variasi yakni ada model finishing polos, carving, painting, natural, ukir timbul, dan ada juga model jimbe model bakar. semuanya tergantung selera dan kebutuhan.:)

4. Koleksi Banyak Lagu

Koleksi lagu-lagu baik itu lagu dalam negeri maupun lagu luar negeri yang dimainkan dengan jimbe. Caranya dengan mendengarkan lagu-lagu yang terdapat instrumen djembe di dalamnya seperti lagu-lagu reggae dsb, kemudian memainkannya kembali dengan bernyanyi dan bermain djembe. Lakukan hal ini sesering mungkin sehingga kalian bisa menguasai teknik djembe secara mendalam, serta dapat meMberikan pukulan-pukulan djembe kalian menjadi semain manis. 

Demikian Tips dan Trick Bermain Djembe untuk Pemula. Semoga bermanfaat, terima kasih.