2 Aplikasi Menghilangkan Suara Vokal Paling Jitu

loading...
2 Aplikasi Menghilangkan Suara Vokal Paling Jitu -- Pengen karaoke.? Tapi gak punya lagu buat karaoke.? Ingin tahu bagaimana caranya menghilangkan vokal dalam sebuah lagu.?

Selamat.! Kalian sudah tepat sekali baca artikel ini, karena disini musikitabro akan menjawab pertanyaan itu. Disini kita akan menggunakan sebuah software untuk memisahkan vokal dari lagu yang bernama Yogen Vocal Remover dan Audacity, dengan menggunakan salah satu software atau tools ini, maka hasil menghilangkan vokal yang dihasilkan insyaallah 95% bersih.

1. Yogen Vocal Remover

Bagaimana cara menggunakan yogen vocal remover.?

Jawabannya : Gampang sekali.! karena software yang satu ini tidak membutuhkan keahlian khusus editing oleh penggunanya, jadi rekomended banget untuk kalian yang ingin menggunakannya.

Selain itu tampilan tools ini pun sangat sederhana, dan tanpa berlama lama langsung saja simak tutorial cara memisahkan vokal dalam sebuah lagu berikut.

Perlengkapan perang yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu :
  1. Yang pertama tentunya software, Silahkan download software Yogen Vocal Remover 3.3.10 (atau versi yang lebih tinggi) di internet
  2. Teh dan roti buat dijadiin temen biar gak bosan :)

Setelah selesai didownload lalu instal softwarenya seperti biasa. Kemudian buka aplikasinya, Jika sudah terbuka lalu click tombol seperti gambar dibawah ini untuk memasukkan lagu yang ingin kalian hilangkan vokalnya


Setelah itu kalian lanjut click tombol seperti gambar dibawah ini untuk meletakkan hasil dari proses yang akan dilakukan nantinya. (Terserah mau diletakkan dimana)


Kemudian click save, disinilah proses penghapusan vokal pada lagu akan dimulai (Tunggu prosesnya sampai selesai).


Done. Selamat.! Kalian sudah bisa menggunakan lagu tadi untuk berkaraoke bersama teman-teman maupun untuk hal lainnya.

Note : Walaupun hasilnya tidak 100% seperti lagu originalnya, namun aplikasi ini cukup mumpuni untuk menghilangkan suara vokal pada lagu dibandingkan aplikasi lainnya.
Tapi jika kalian ingin mencoba aplikasi lain untuk menghilangkan suara vokal pada sebuah lagu, musikitabro akan merekomendasikan aplikasi jitu lainnya yaitu :

2. Audacity

Dengan software Audacity, kalian dapat mengedit file audio dengan sangat cepat atas bantuan software ini. Kalian juga bisa merekam live audio yang bisa digunakan untuk Windows, Mac OS X, GNU/Linux dan OS. Selain itu kalian juga dapat mengubah kecepatan pitch rekaman dari suara audio tersebut.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu :
  • Gratis.
  • Pustaka yang digunakan tidak terlalu banyak.
  • Waktu tunggunya juga tidak terlalu lama.
  • Dapat mengedit berbagai macam jenis file.
  • Dapat digunakan sebagai alat convert Video ke Audio
  • Aplikasi ini juga sangat ringan.

Aplikasi ini juga dapat kalian fungsikan untuk :
  • Membuat Ringtone
  • Merekam Suara
  • Memperlambat, mempercepat tempo lagu/musik
  • Menghilangkan Noise
  • Efek fade out untuk menggabungkan dua file audio
  • Menghilangkan vocal
  • Mengconvert File Audio maupun video ke dalam berbagai macam format
  • Mengecilkan ukuran audio lagu/musik.

Tertarik menggunakannya.? Silahkan download softwarenya Audacity 2.1.2 di Internaet.

Cara menggunakannya yaitu :

1. Buka aplikasi audacity yang sudah di download tadi, lalu tekan Ctr+O dan silahkan cari lagu yang ingin kalian hilangkan suara vokalnya. Tunggu prosesnya sampai selesai.


2. Setelah lagunya berada pada layar audacity, silahkan kalian click effect yang berada di atas/tollbars, lalu pilih Vocal Remover.


3. Kemudian kalian akan dihadapkan pada menu pengaturan, nah disinilah kalian mengatur supaya suara vokal yang ada pada lagu tadi hilang dengan kualitas lagu tetap baik dan jernih (Sesuai selera kalian).


4. Jika pengaturan sudah dirasa cukup, lalu click Ok. dan tunggu prosesnya hingga selesai.


5. Silahkan dengarkan lagu yang sudah kalian hilangkan suara vokalnya tersebut dengan meng-click tombol play, jika sudah ok lalu simpan lagunya dengan cara pilih File - Export Audio dan tentukan penyimpanan lagu di folder kalian atau dengan cara Ctr+shift+E. Save.


Nah, itulah tadi cara menghilangkan vokal dengan menggunakan aplikasi Yogen Vocal Removel dan Audacity, Jika artikel ini dirasa bermanfaat buat kalian jangan lupa share ya. Terima kasih :)