Cara Setting Controller Oscillators pada Toxic Biohazard di FL Studio

loading...
Cara Setting Controller Oscillators pada Toxic Biohazard di FL Studio -- Hit single musik dunia saat ini masih di dominasi oleh instrumen Synthesizer. Ya, mulai dari beat, loop, groove, rhythm, hingga melodi. Untuk itu disini musikitabro akan menyajikan tema tentang synthesizer yang harus diketahui agar tidak salah dalam hal pengaturan maupun hal lainnya yang akan berdampak buruk kedalam musik sobat.

Cara setting controller oscillators pada toxic biohazard di FL studio

Beberapa hal mengenai pengaturan oscillators pada Toxic Biohazard yang harus sobat ketahui terlebih dahulu yaitu :

Oscillator

Oscillator adalah sumber dasar suara dalam synthesizer, Toxic Biohazard berisi 6 Oscillators (atau Operator yang sering disebut synthesizer FM), masing-masing dengan control yang identik dan fungsi yang bermacam-macam.

Cara setting controller oscillators pada toxic biohazard di FL studio
Oscillator Control

Pengaturan Oscillator pada Toxic Biohazard selanjutnya adalah mengaktifkan osilator. Klik pointer mouse pada jendela yang muncul dengan nama gelombang yang sama. Jika diaktifkan, oscillator gelombang dan nama yang dipilih akan ditampilkan pada jendela layar osilator. Untuk membuka menu pilihan gelombang setiap osilator, klik pointer mouse Sobat pada gelombang judul "s" (yaitu sinus) dan pilih gelombang dari daftar. Jika file browser dibuka, Sobat dapat memilih gelombang yang diinginkan dalam format WAV.

Cara setting controller oscillators pada toxic biohazard di FL studio

Kontrol pitch menyesuaikan sinus oscillator tuning masing-masing program dalam jarak 99 -99 ms untuk semitone. Untuk meningkatkan daya, Klik dan drag pointer mouse Sobat ke atas, tombol Pitch. Tindakan yang sama dalam arah yang berlawanan, akan mengurangi nilai ke dalam angka negatif.

DETUNE

Kontrol ini, terletak di bawah Window Pitch, memungkinkan Sobat untuk mengatur tuning osilator masing-masing dalam rentang -99 sampai 99. Untuk meningkatkan nilai, arahkan kursor ke Window Detune, kemudian Klik dan tarik pointer mouse ke atas.

FASE

Gunakan untuk menyesuaikan osilator yang dipilih fase s, dari 0 hingga 360 derajat. Untuk meningkatkan nilainya, Klik dan tarik pointer mouse Sobat ke atas sambil melayang di atas tombol tersebut. Tombol ini menentukan apakah osilator yang dipilih adalah kunci-synced atau bebas berjalan. Pada tahap OFF nya default, tombol akan muncul dalam warna abu-abu, dan osilator akan menjadi kunci-synced. Ketika tombol ON ini memancarkan cahaya kuning yang menunjukkan bahwa osilator bebas-berjalan.

Slider 'Kecepatan' menentukan seberapa sensitif osilator tertentu akan mendapatkan presentase kecepatan. Slider menentukan nilai awal tahap Attack generator envelope. Nilai dapat ditingkatkan dalam rentang dari 0 sampai 100%.

Osilator Masing-masing memiliki 4 kontrol yang mempengaruhi amplitudo osilator yang dipilih. Attack (ini menentukan seberapa cepat osilator memudar ), Decay (menentukan berapa lama osilator untuk mengambil dan mencapai titik detune), SUS (menentukan tingkat osilator sekaligus mencapai detune penuh, hal itu akan terus pada level ini sampai dilepaskan kembali), dan Release (tingkat di mana catatan memudar setelah melepaskan tombol).

Filter

Toxic Biohazard memiliki bagian filter yang kuat. Seperti pada tipe filter Moog. Beroperasi di kedua mode lowpass dan Batas atas yang memiliki ADSR sendiri berupa generator envelope serta menerima modulasi dari berbagai sumber.

Cara setting controller oscillators pada toxic biohazard di FL studio


Berikut ini adalah beberapa mode yang terdapat pada toxic biohazard:
  • Toggles filter: Low-Pass (LP), Band-Pass (BP), dan High-Pass (HP).
  • Cutoff: Menentukan frekuensi cutoff dari filter.
  • Reso: Menentukan Resonansi (Atau Bandwidth) dari filter
  • KEYTRK: tombol ini mengontrol seberapa dekat frekuensi cutoff filter akan terikat ke nomor MIDI tombol yang ditekan oleh pengguna. kunci rendah akan menghasilkan not yang lebih rendah, sedangkan kunci yang lebih tinggi akan memiliki pengaruh yang berlawanan.
  • VELTRK: Menentukan bagaimana kecepatan yang akan mempengaruhi frekuensi cutoff filter.
  • EG AMT: Menentukan seberapa kuat envelope tersebut akan mempengaruhi filter.
  • LFO1 AMT: Menentukan berapa banyak LFO 1 akan mempengaruhi sinyal filter.

LFO Control

Ini adalah jendela yang menampilkan bentuk gelombang yang akan dipilih untuk synthesizer. Sobat bisa pilih gelombang dengan mengklik judul yaitu "sinus" dan silahkan pilih salah satu dari daftar tersebut. Speed berfungsi untuk menentukan kecepatan di mana LFO bergerak semakin cepat saat sobat memutar kenop ke kanan. The 'Free Run Switch' akan mengatur LFO untuk bebas menjalankan mode, ini berarti tidak akan retriggered setiap Sobat menekan tombol, tetapi sebaliknya akan mengambil suara saat sobat merilis tombol terakhir.

Cara setting controller oscillators pada toxic biohazard di FL studio

Sync Menu memungkinkan Sobat untuk memilih nilai-nilai sinkron untuk kecepatan LFO relatif terhadap tempo host. Ketika layar menampilkan '---' maka tidak ada sync tempo yang berjalan dan tingkat LFO didefinisikan oleh kenop 'Speed'.

Cara setting controller oscillators pada toxic biohazard di FL studio

NOTE : osilator "Gated" memiliki bentuk yang unik. Sobat dapat memilih LFO gated untuk osilator "S" amplitudo dan membuat "Trans-Gate" seperti gerakan di pannel. Sobat juga dapat memilih bentuk gelombang sendiri melalui opsi Custom loading.

Disini musikitabro memang merasa bahwa pembahasan tentang pengaturan Oscillators pada Toxic Biohazard didalam aplikasi FL Studio yang mungkin sedikit rumit. Namun bila kita telaah lebih lanjut, maka sobat akan merasakan kelebihan yang luar biasa dari plugin ini bila dibandingkan dengan plugin-plugin yang lainnya, karena memang toxic adalah suatu inovasi baru yang canggih dan tentunya memudahkan pekerjaan kita. 

Maka dari itu musikitabro berharap para pembaca akan tetap mengikuti kelanjutan dari artikel ini maupun artikel lain yang akan dikupas lebih lanjut, karena disini kita akan selalu memberikan tips-tips atau pun hal-hal lainnya tentang dunia musik yang terbaik untuk sobat. Akhir kata selamat mencoba dan semoga berhasil. :)