Keren, Alat Musik Unik ini Terbuat dari Spare Part Mobil Bekas

loading...
Keren, Alat Musik Unik ini Terbuat dari Spare Part Mobil Bekas -- Mau tau apa alat musiknya, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.


Car Music Project adalah sebuah proyek untuk menciptakan berbagai alat musik di mana semua bahannya adalah berasal dari spare part mobil bekas. Proyek ini diprakarsai oleh Bill milbrodt, yakni seorang composer asal Amerika yang memiliki ide untuk menciptakan alat music unik dengam memanfaatkan penggunaan berbagai macam spare part yang diambil dari mobil Honda Accord 1982 miliknya yang memang sudah tidak layak pakai.

Bill bercerita bahwa Honda Accord miliknya memang sudah tidak nyaman digunakan untuk kebutuhan berkendara sehari-hari. Mobil Honda miliknya yang telah memiliki jarak tempuh sekitar 200.00 mil itu memiliki masalah pada mesin, cat yang nyaris memudar, juga beberapa aksesoris mobil yang hampir rusak dan apabila diperbaiki mungkin akan memakan biaya yang cukup besar.

Bill yang memang seorang composer musik kemudian memiliki ide untuk membongkar seluruh bagian mobil dan mengambil beberapa bagian mesin untuk kemudian digunakan untuk menciptakan beberapa alat musik yang layak untuk dimainkan. Untuk mewujudkan ide gilanya tersebut, Bill kemudian menyewa motir otomotif professional dan meminta bantuan kepada Ray Faunce III, yakni seorang pemahat metal terkenal untuk memodifikasi spare part mobil miliknya menjadi instrument musik. Ray Faunce kemudian membentuk sebuah tim yang anggotanya masing-masing memiliki keahlian di bidang musik, ahli mesin, serta ahli pahat besi dan baja untuk mewujudkan ide yang telah dikonsep oleh Bill Milbrodt.

Setelah melalu proses trial and error selama kurang lebih 18 bulan, akhirnya ide Bill dapat diwujudkan dengan diciptakannya beberapa alat musik yang masing-masing diberi nama mirip dengan nama bagian spare part mobil yang digunakan yakni Convertibles and Tube Flutes atau alat musik tiup semacam flute, Strutbone dan Exhaustaphone yaitu alat musik yang menyerupai trombone, Percarsion atau perkusi/drum, dan Tank Bass serta Air Guitar yaitu alat musik petik bass dan gitar.

Setelah puas dengan kreasi instrument musik spare part mobil yang ia cetuskan, untuk menyalurkan hobi bermusiknya Bill yang pernah memenangkan Emmy Award untuk kategori composer terbaik kemudian mulai membentuk sebuah band orchestra di mana masing-masing personilnya memainkan alat musik tersebut. Band yang dinamai sama dengan proyek pembuatan alat musik dari spare part mobil yaitu “The Car Music Project” yang dimulai sekitar tahun 2005.

Personil dari The Car Music project yang merupakan orang-orang pilihan yang berkompeten di bidang musik terdiri dari James Spotto sebagai strutbone dan exhaustaphone, William Trigg diposisi percarsion, Wilbo Wright sebagai pemetik tank Bass, dan Bill Milbrodt sebagai pemain air guitar. The Car Music Project telah merilis album bertitel No Hot Wax yang berisi lagu-lagu instrumental yang bisa dikatakan cukup layak untuk didengarkan meski alat musik mereka hanya terbuat dari potongan spare part mobil bekas. Salute To Mr. Bill Milbrodt.

Berikut cuplikan video mereka :


Bagaimana pendapat kalian sobat musikitabro, Keren bukan.?

Yang pastinya mereka ini orang-orang kreatif, somoga saja kedepannya musisi-musisi tanah air dapat memunculkan ide-ide yang luar biasa seperti mereka ini. Tetap semangat untuk mengembangkan kreatifitas masing-masing ya bro. Semoga sukses :)