Tips Menyulap Kamar Menjadi Studio Rekaman Musik Sederhana

loading...
Tips Menyulap Kamar Menjadi Studio Rekaman Musik Sederhana -- Pembahasan artikel musikitabro kali ini yaitu bagaimana cara menyulap sebuah kamar menjadi studio rekaman musik sederhana. Sebelum kita masuk kepembahasan berikutnya adapun hal pertama yang ingin musikitabro sampaikan disini yaitu jangan pernah sobat membayangkan sebuah studio yang mahal, seperti membuat peredam didalam kamar ataupun alat-alat lainnya, karena yang kita butuhkan untuk membuat studio rekaman sederhana disini hanyalah sebuah komputer dan speaker saja. Sungguh diluar yang kita bayangkan, Bukan.!?


Bila sobat punya cukup waktu, cobalah mengunjungi studio rekaman profesional terdekat, kemudian amati peralatan yang terdapat didalam "room control"-nya (ruangan sebelah studio yang biasa terdapat kaca), pasti akan Sobat menjumpai sebuah CPU, meskipun biasanya terdapat banyak varian tambahan seperti mixer, rack effect, flat speaker, dll. Perlu Sobat ketahui bahwa CPU itulah yang menjadi sebuah kunci mati sebuah studio rekaman saat ini. Disanalah sebuah software perekaman bekerja untuk merekam, memproses, hingga menjadikannya sebuah CD audio, WAV, mp3, dan sebagainya.

Spesifikasi komputer yang diperlukan untuk membuat studio rekaman:

Spesifikasi Komputer / Laptop

Untuk mencukupi kebutuhan standar rekaman didalam CPU maka sebaiknya sobat memiliki cpu dengan spesifikasi Pentium IV atau setara; Hard Disk Drive 80GB; Memory 512GB; DVD combo; dengan Operating System Windows XP Profesional ataupun MAC dan ingat bahwa tersebut diatas merupakan spesifikasi standar, bila CPU Sobat lebih dari itu, tentunya semakin bagus.

Software Yang Diperlukan

Untuk software perekaman standar studio profesional yang memiliki tambahan plugins (sample virtual instrumen) hingga ribuan adalah Nuendo, Cubase, Studio One, Pro Tools, Reason, Reaper, Fruity Loop, dll. Sobat dapat memilih salah satu dari pilihan tersebut. Pemilihan software perekaman disesuaikan dengan kebutuhan musik yang akan diproduksi.

Untuk suara instrumen drum, bass, piano, biola, guitar, terompet, dan lainnya anda dapat menginstal software tambahan (plugins) seperti hypersonic, sample tank, kore, kontakt, halion one, dan lainnya. Perlu Sobat ketahui bahwa untuk software ini, Sobat dapat menginstal semua sekaligus kedalam CPU, tergantung dari kapasitas hard disk drive yang Sobat miliki.

Selanjutnya Sobat dapat mengendalikan permainan piano cukup menggantinya dengan keyboard komputer dengan menginstal Virtual MIDI Controller.

Untuk mereduksi keterlambatan suara (latency) dari apa yang Sobat tekan dan yang dengar, install ASIO 4ALL sebagai peng-upgrade dari soundcard onboard pada CPU Sobat. Virtual soundcard ini dapat di ”download” secara gratis di internet. Akan tetapi masih bersifat sementara, karena penggunaan jenis plugins yang memakan memory besar dapat membuat komputer kembali latency (diawali dengan noise).

Speaker monitor

Pilihlah speaker yang merespon frekwensi yang baik dan berkarakteristik flat untuk monitor hasil rekaman projek anda,dan anda bisa juga menyediakan headphone untuk keperluan editing dengan harga yang terjangkau dan memiliki karakter sama yang cenderung flat agar lebih mudah dalam mengedit

Bila spesifikasi CPU, Software, Speaker yang demikian ada didalam kamar Sobat, tentu Sobat netizen sudah dapat membuat musik didalam kamar seindah dan sebagus di Studio Rekaman Profesional. Tidak percaya.? silahkan saja sobat buktikan.!

Namun jika sobat memiliki budget yang mencukupi alagkah baiknya jika di tambahkan alat pelengkap yang dapat digunakan dalam proses pembuatan karya musik sobat seperti:

1. Soundcard 

 Soundcard yang lumayan bagus, dan anda bisa menggunakan soundcard onboard atau menggunakan tambahan untuk hasil yang bagus

2. Mic 

Mic adalah alat yang digunakan untuk menangkap suara atau signal dan vokal adalah elemen penting dalam suatu lagu. Pendengar akan merasa kecewa apabila dalam suatu lagu yang aransement nya bagus, suara audio instrument bagus, namun suara audio vokal yang tidak bagus. 

Dengan demikian mungkin pendengar tidak akan kembali mendengar lagu sobat untuk kedua kali nya karena telanjur kecewa dengan kualitas suara audio vokal di lagu tersebut. 

Mic yang ada saat ini ada beberapa macam yaitu Dynamic, Condenser, dan lain-lain. Untuk memilih dan membeli mic, sesuaikan dengan kebutuhan, karakter dan budget yang sobat miliki, Bila ingin membeli jangan segan-segan untuk bertanya pada toko musik yang sobat kunjungi, tentang karakteristik mic, butuh panthom power atau tidak dan lain-lain.

Dalam merekam vokal, disini musikitabro menyarankan untuk menggunakan pop filter dan stand mic
Agar suara yang direkam tidak naik turun dikarenakan suara ketika sobat menyanyi nantinya akan dapat menjauh dan mendekat antara mulut dan mic.

3. Kable 

Kable yang baik, disini maksudnya adalah sobat harus menyiapkan kable instrument,atau kable microphone dan kable lain nya yang berkualitas cukup baik, Karena ini sangat menentukan hasil akhir qualitas audio sobat nantinya.

Nah, itulah tadi beberapa Tips Menyulap Kamar Menjadi Studio Rekaman Musik Sederhana yang dapat musikitabro berikan kepada sobat untuk membuat studio rekaman musik sederhana didalam kamar, semoga sukses untuk semua karya-karyanya. Dan jangan lupa tetap, Semangat.!