Tutorial Lengkap, Cara Merekam Suara Gitar Melalui FL Studio

loading...
Tutorial Lengkap, Cara Merekam Suara Gitar Melalui FL Studio -- Banyak sekali vst guitar effects yang ada saat ini seperti guitar rig, wave gtr, amplitube, studio devil, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Umumnya para gitaris ingin mengubah laptop atau komputer mereka menjadi efek gitar digital yaitu dengan menggunakan software efek gitar tersebut. 

Setelah puas memainkan distorsi, delay, phaser, wah, dan lainnya secara live baik untuk ngejam atau sekedar jrang jreng mengisi waktu luang ataupun latihan, tahap selanjutnya yang paling sering mereka lakukan adalah merekam permainan gitar mereka untuk berbagai tujuan, bisa untuk mereview seberapa bagus permainannya, atau bahkan ingin membuat rekaman untuk menjadi sebuah lagu.

Pada kesempatan ini musikitabro ingin sharing bagaimana Cara Merekam Suara Gitar Melalui FL Studio

Sebelum masuk kepembahasan, apakah kalian sudah tahu apa itu fl studio.? kalau belum tahu atau belum punya download dulu fl studio (Softwarenya bisa kalian cari di internet). Setelah memiliki fl studio, kalian juga tentunya harus memiliki vst guitar seperti guitar rig, amplitube, dan lainnya. Nah, pada kesempatan ini musikitabro tidak menggunakan guitar rig atau software berbayar lainya, tetapi menggunakan vst gitar bawaan fl studio yaitu Hardcore.

Apakah nanti berbeda dengan guitar rig dan lainnya.? jawabnya: SAMA! langkah untuk merekamnya sama, hanya beda alat saja.

Apakah bisa berjalan lancar.? Bisa.! Karna sudah di uji coba, dan alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Baik, kita mulai tutorial bagaimana cara merekam gitar dengan fl studio menggunakan vst guitar Hardcore.

Pertama, tentunya kalian harus buka Fl Studio terlebih dahulu. Setelah terbuka fl studionya, buka Mixer atau dengan menekan F9.

Kedua, aktifkan insert 1 atau insert 2 atau lainnya, tapi jangan Master karena efek gitar akan berpengaruh pada audio yang lain.

Ketiga, di bagian kanan atas yang ada tulisan IN miring, pada kolomnya mungkin masih primary driver atau none pada audio drivernya, klik lalu pilih asio 4 all.
Sekedar memberitahu bahwa asio 4 all adalah driver buatan stainberg untuk mengatasi suara lambat keluar atau latency.

Keempat, setelah memilih driver asio 4 all maka dibawahnya ada kolom kolom berisi angka 1 hingga delapan. Kolom kolom tersebut digunakan untuk menambahkan berbagai efek untuk input gitar kalian. klik pada urutan pertama lalu cari HARDCORE. Maka vst efek gitar digital Hardcore akan muncul.

Kemudian, dibawahnya lagi yaitu yang nomor 2 klik juga lalu pilih edison. Maka keseluruhan tampilan mixer dan juga hardcore dan edison adalah tampak seperti gambar gambar berikut:

Gambar tampilan keseluruhan mixer saat membuka hardcore dan edison
Gambar tampilan vst efek gitar hardcore bawaan fl studio
Gambar tampilan edison
Kelima, colokkan jack kabel gitar kalian ke laptop pada input microphone atau line in tapi jangan headphone. Otomatis, gitar kalian sudah bisa dibunyikan dengan efek 80 lead default dari hardcore. Jika tidak suka dengan 80 lead silakan ganti efek yang lain pada pilihan efek di hardcore atau mau otak atik setingan 80 lead juga bisa. Terserah selera kalian mau clean distorsi wah dan lainnya.

Keenam, Setelah menjajal efek gitar nya dan dipastikan sudah bunyi, maka aktifkan edison dengan cara mengklik jendela edison, atau pada mixer efek nomor 2 yang bertuliskan edison. Aktfikan tombol record untuk mulai merekam. Nah, setelah itu rekam suara gitar kalian.

Setelah dirasa cukup dalam memainkan gitar, maka tekan tombol stop atau bisa gunakan spasi. maka otomatis rekaman dihentikan dan juga otomatis hasil rekaman dimainkan ulang.

Contoh gambar disaat recording gitar menggunakan edison
Ketujuh, Setelah berhasil merekam suara gitar berikut efek gitar distorsinya maka kirim hasil rekaman ke playlist untuk nantinya bisa dimainkan bareng dengan instrument lain seperti bass, piano, drum, dan lainnya. Caranya adalah klik button playlist pada pojok kanan atas di edison.


Maka otomatis file hasil rekaman kalian sudah terkirim ke playlist. Buka playlist maka file suara gitar berada di playlist 1. Untuk memainkannya pastikan kalian sudah mengaktifkan tombol “SONG” di bagian atas tengah fl studio, tepatnya di bawah tombol pattern dekatnya tombol stop play dan record. setelah diaktifkan menjadi warna hijau, maka tekan play untuk memainkan komposisi yang ada di playlist atau tekan spasi.

Gambar hasil rekaman yang sudah dikirim ke playlist
Kedelapan, Untuk menyimpannya aktifkan playlist 1, lalu pada file pilih export dan pilih jenis file yang diinginkan, misalnya mp3

Gambar export hasil rekaman kedalam bentuk mp3
Kemudian kalian akan dihadapkan pada dialog rendering untuk setingan lebih lanjut. Di bagian ini kalian bisa bereksprimen sendiri untuk menentukan kualitas yang kalian inginkan. Selanjutnya tekan saja start.
lalu tentukan lokasi penyimpanan. setelah selesai, kalian bisa mendengarkan hasil export file mp3nya.

Gambar jendela rendering pada fl studio
Kesembilan, Cari file yang sudah kalian simpan kedalam komputer tadi dan mainkan filenya ke pemutar mp3 seperti winamp,aimp, mediaplayer dan sebagainya.

Setelah itu : Selamat Menikmati Hasil Rekaman Gitar Kalian.! :)
Itulah tutorial yang dapat musikitabro rangkum kali ini dalam artikel yang berjudul Cara Merekam Suara Gitar Melalui FL Studio, Semoga bermanfaat. Terima kasih